57.STRATEGI PEMASARAN BUKU

 



Dari flayer yang telah di share ke grup WhatsAppb belajar menulis oleh moderator Pak Sigid Purwo Nugroho. Pertemuan ke 19 BM gelombang 25 & 26   tentang Strategi Pemasaran Buku saya sudah pesimis dan berbagai pertanyaan muncul dibenak saya. Jika selesai dari Akhir pelatihan belajar menulis dan syarat kelulusan harus  menerbitkan satu buku solo. Kira-kira buku solo tersebut hanya dimilki pribadi ataukah cukup diberikan ke orang terdekat ataupun lembaga tempat saya bekerja. Maklum saya hanya berkutat antara rumah dan tempat kerja tidak memliki banyak komunitas.Apakah saya harus memasarkan via FB? sementara aplikasi itupun jarang saya sentuh. Telegram? ataukah dipasarkan via Instagram?  kedua aplikasi inipun  nyaris tak pernah saya gunakan. Kalaupun saya gunakan kedua aplikasi itu jika ada kegiatan-kegiatan  yang menghruskan peserta bergabung pada aplikasi tersebut  Sebagai penulis pemula perasaan pesimis dan tidak percaya diri pasti ada. Untuk menjawab pertanyaan  dan menghilangkan  sikap  pesimis dan tidak percaya diri maka pada malam ini pertemuan ke 19 membahas strategi pemasaran buku,  dengan narasumber yang akan membersamai  kami pak Agus Subardana,S.E, M.M. Beliau bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta, dari sejak awal tahun 1999 sampai dengan sekarang menggeluti di bidang Pemasaran. Buku Lulus S1 dan S2 mengambil jurusan manajemen Pemasaran, sering menjadi Modertor Event webinar.

 

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Kembali kita merujuk  dua tahun ke belakang bahwa pemasaran buku sangat turun dratis dengan adanya COVID 19 sebagian besar jaringan toko buku tutup  karena tidak adanya pengunjung.  Awal Mei 2022 pengunjung toko buku sudah mulai meningkat. Hal ini patut kita syukuri.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.         Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.         Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik           dan sosial-budaya.

Strategi Pemasaran buku yang  dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

A.           Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

1.   Pentingnya Transformasi Digital

Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku . Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

                                             ·            Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

                                             ·            Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

                                             ·            -Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

                                             ·            Menaikan penjualan dan profit

                                             ·            Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

                                             ·            Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

                                             ·            Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

       2.  Pemasaran Buku Lewat Komunitas

 Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Seperti yang dilakukan  Penerbit ANDI dengan  terus mengadakan aktifitas pemasaran  lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...

B.           Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

 Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik.  Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.            Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

                           ·            Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

                           ·            Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

                           ·         Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

                           ·           Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )


Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor 



Contoh DIsplay Buku dan Promo











 2.  Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

                                 ·            Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

                                 ·            Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

                                 ·            Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

         ·          Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten.Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.


"Biarkan tantangan membangkitkan semangat juang Anda. Anda tidak dapat ke mana-mana tanpa semangat juang yang baik. Jadi, jalankan. Dengan api di dalam hati, Anda dapat mengendalikan kekuatan-kekuatan terpendam dan mendorong diri Anda bertindak." (- Norman Vincent Peale)

Salam literasi PGRI 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

46. MENULIS ITU MUDAH

28.PAWAI TA'RUF MTQ KE 29 TINGKAT KABUPATEN SUMBA TIMUR TAHUN 2022

20. Pemasaran Buku