57.STRATEGI PEMASARAN BUKU
Dari
flayer yang telah di share ke grup WhatsAppb belajar menulis oleh moderator Pak
Sigid Purwo Nugroho. Pertemuan ke 19 BM gelombang 25 & 26
tentang Strategi Pemasaran Buku saya sudah pesimis dan berbagai
pertanyaan muncul dibenak saya. Jika selesai dari Akhir pelatihan belajar
menulis dan syarat kelulusan harus menerbitkan satu buku solo. Kira-kira
buku solo tersebut hanya dimilki pribadi ataukah cukup diberikan ke orang
terdekat ataupun lembaga tempat saya bekerja. Maklum saya hanya berkutat antara
rumah dan tempat kerja tidak memliki banyak komunitas.Apakah saya harus
memasarkan via FB? sementara aplikasi itupun jarang saya sentuh. Telegram?
ataukah dipasarkan via Instagram? kedua
aplikasi inipun nyaris tak pernah saya gunakan. Kalaupun saya gunakan
kedua aplikasi itu jika ada kegiatan-kegiatan yang menghruskan peserta bergabung pada
aplikasi tersebut Sebagai penulis pemula
perasaan pesimis dan tidak percaya diri pasti ada. Untuk menjawab
pertanyaan dan menghilangkan sikap pesimis dan tidak percaya
diri maka pada malam ini pertemuan ke 19 membahas strategi pemasaran buku,
dengan narasumber yang akan membersamai kami pak Agus Subardana,S.E,
M.M. Beliau bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta, dari sejak awal tahun 1999
sampai dengan sekarang menggeluti di bidang Pemasaran. Buku Lulus S1 dan S2
mengambil jurusan manajemen Pemasaran, sering menjadi Modertor Event webinar.
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak –
anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Kembali
kita merujuk dua tahun ke belakang bahwa
pemasaran buku sangat turun dratis dengan adanya COVID 19 sebagian besar
jaringan toko buku tutup karena tidak
adanya pengunjung. Awal Mei 2022 pengunjung
toko buku sudah mulai meningkat. Hal ini patut kita syukuri.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis
– jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok,
pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi
Pemasaran buku yang dipetakan menjadi
dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line)
dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan
pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut
dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A.
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1. Pentingnya
Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia
menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu
yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan
keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri.,
terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke
banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial.
Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan
transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku . Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus
proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
·
Menyebarkan informasi produk secara masif kepada
target pasar potensial
·
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen
yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
·
-Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi
lesu
·
Menaikan penjualan dan profit
·
Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan
pesaing
·
Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai
dengan yang diinginkan
·
Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli ,
menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya
punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk
komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana
promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita. Seperti yang
dilakukan Penerbit ANDI dengan terus mengadakan aktifitas pemasaran lewat
komunitas dengan mengadakan webinar lewat link
Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...
B.
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai
seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Penerbit Andi telah
mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga
pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko
Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan
mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku
di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas
masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual
/ konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai
macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
·
Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat
terlihat dan menonjol .
·
Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang
produk di Neon Box, X Banner
· Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga
pada buku tertentu atau periode tertentu.
· Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan
(program Ramadhan, Program TAB, Program
TAM , dll )
2. Directselling
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
·
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku
pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
·
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
·
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK ,
Perguruan Tinggi dan umum
· Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten.Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
"Biarkan
tantangan membangkitkan semangat juang Anda. Anda tidak dapat ke mana-mana
tanpa semangat juang yang baik. Jadi, jalankan. Dengan api di dalam hati, Anda
dapat mengendalikan kekuatan-kekuatan terpendam dan mendorong diri Anda
bertindak." (- Norman Vincent Peale)
Salam
literasi PGRI
Wow...mantul...paket lengkap bun
BalasHapusLengkap bu resumenya
BalasHapusSelalu dengan ciri khas lengkap bin komplit nya bu
BalasHapusSiip rwsumenya Bu.. Semangat
BalasHapusKeren resumenya 👍
BalasHapussemangat bu ayo terbitkan buku solonya
BalasHapusMasya Allah resumex bagus lengkap bun
BalasHapus